Langkah Pertama

Diposkan oleh Unknown | 10:37 AM | , ,

Retire Young Retire Rich adalah salah satu buku karya Robert T. Kiyosaki yang menjadi favorit saya, bukunya sangat memotivasi saya untuk bisa pensiun dini dan kaya. Saya ingat saat masih berstatus mahasiswa bersama rekan kuliah saya kami berdua memiliki cita-cita untuk bisa pensiun kaya di umur 30. Sekarang umur saya 36, dan belum bisa pensiun juga hehehe. Tetapi pengalaman selama 15 tahun berbisnis, jatuh bangunnya membuat saya yakin jalan yang saya pilih sebagai pengusaha adalah benar dan akan manis pada akhirnya.

Untuk menjadi pengusaha, langkah pertama biasanya yang sulit, yaitu bertindak, melakukan action. Biasanya bila seseorang adalah seorang karyawan yang terbiasa menerima gaji bulanan, akan sulit sekali untuk memulai langkah pertama menjadi pengusaha. Kenapa? Karena zona nyaman sebagai karyawan ditambah ketakutan akan kegagalan dalam berbisnis.

Saya kan bagikan tips saya dalam mengambil langkah pertama saya menjadi pengusaha,

Pertama, langsung action, betul untuk memulai suatu bisnis kita harus ada hitung-hitungannya, namun sering sekali hitungan kita inginnya sangat detail sedangkan dalam bisnis variabelnya itu banyak. Ada variabel manusianya, modal, sistem bisnisnya, waktu memulainya sampai kondisi pasar. Tapi ingat bisnis itu gak pernah sama walau mirip, kita hanya cuma bisa mengambil pelajaran dari bisnis sejenis, dari pengalaman orang lain, tetapi menurut saya saat kita menjalankannya pasti melalui tahapan trial and error, pasti akan ada masalah dan disitulah kia belajar untuk menemukan solusinya. IQ kita sebagai pengusaha dikembangkan saat mulai praktek.


Kedua, selalu belajar, saat masalah datang artinya bisnis sudah jalan hanya perlu perbaikan dan penyesuaian dari kita sebagai pemilik bisnis. Mulai membuat sistem di bisnis Anda agar jangan terjebak dalam bisnis kecil (kuadran S) yang membuat Anda tidak bisa menikmati hasil bisnis Anda walaupun bisnis Anda semakin maju.

Dan ketiga, adalah cari sahabat atau orang yang Anda hormati dan segani yang mau menjadi mentor Anda. Dalam berbisnis Anda pasti akan menghadapi masalah, dan seringkali masalah itu membuat Anda down, mungkin Anda tidak bisa bangkit sendiri walau dimotivasi oleh keluarga dan pasangan hidup Anda. Tetapi mentor Anda bisa karena mungkin telah melewati masalah seperti yang Anda alami. Belajarlah dari pengalaman mentor Anda.

Akhir kata dari artikel pertama saya ini, semoga Anda yang sudah jenuh menjadi pegawai, yang ingin merasakan pensiun dini dan kaya, yang baru lulus kuliah, yang ingin mengubah nasib. Jangan ragu untuk mengambil langkah pertama menjadi pengusaha. Awalnya berat dan penuh perjuangan, tetapi Anda akan mendapatkan kebebasan waktu dan kebebasan finansial yang Anda impikan. Selamat berjuang.