MLM Bisnis Tipu-Tipuan?

Diposkan oleh Unknown | 8:51 AM | , , | 0 komentar »

Kalau baca judul artikel yang saya buat ini, saya yakin deh pasti banyak yang setuju, bener gak? Terutama bagi rekan-rekan yang sudah pernah menjalankan bisnis MLM dan tidak berhasil. Dan saya gak akan menghakimi bahwa pendapat rekan-rekan salah, karena pada kenyataannya banyak bisnis MLM ternyata hanyalah moneygame saja, atau juga pelaku bisnis MLM (oknumnya) menjalankan bisnis MLM yang sebenarnya legal tetapi dengan cara-cara yang tidak etis (akan saya bahas pada tulisan berikutnya).

Tapi mari kita lihat dengan obyektif, beberapa perusahaan MLM yang sudah ada di Indonesia, dan kita selidiki adakah yang berhasil? Kalau gagal sih gak usah ditanya saya yakin banyak (nah loh artinya MLM bisnis tipu-tipuan dong? Pasti gitu pendapat rekan-rekan), tapi kita bandingkan juga prosentase keberhasilan dalam bisnis konvensional, berapa banyak yang sukses? Tidak banyak juga kan? Kalau kita pelajari sebenarnya banyak yang berhasil dalam menjalankan bisnis MLM, hanya saja karena bukan bisnis konvensional, maka media massa yang ada kurang dalam meliputnya. Dan karena stigma negatif yang terlanjur sudah tertanam di benak masyarakat pada umumnya, maka bisnis MLM menjadi kurang menarik untuk diberitakan.


Saya pribadi menulis artikel mengenai bisnis MLM di blog ini, hanya berniat memberikan informasi bahwa MLM adalah bisnis yang sangat bagus, tahan goncangan krisis, modal kecil (relatif lebih kecil dibandingkan bila kita merintis bisnis konvensional, tapi bukan berarti tanpa modal sama sekali), dapat memberikan income bahkan membuat pelaku bisnisnya meraih kebebasan finansial, dapat dipelajari setiap orang asal memiliki tekad untuk belajar, serta dapat membantu pengembangan kepribadian.

Banyak perusahaan MLM yang sudah berjalan di Indonesia, dalam memilih bisnis MLM yang ada saya masih menggunakan apa yang diajarkan oleh guru saya, yang sudah saya tulis dalam artikel sebelumnya "Panduan Memilih Bisnis MLM", dan rekan-rekan bisa menggunakannya sebagai acuan dasar memilih bisnis MLM yang hendak rekan-rekan jalankan. Periksa juga apakah perusahaan tersebut bergabung di dalam APLI (untuk lokal) dan DSA (untuk perusahaan MLM yang berasal dari negara Paman Sam). Rekan-rekan juga dapat membaca berita-berita seputar MLM, orang-orang yang sukses di MLM secara global di www.businessforhome.org.

Oh yah, buat menutup tulisan ini, bagi rekan-rekan yang masih skeptis terhadap bisnis MLM atau yang merasa MLM itu cuma jualan makanan kesehatan saja, berarti belum banyak yang tahu kalau TAXI (nama emiten dari perusahaan taxi Expres, iyah bener perusahaan taxi) meluncurkan sistem MLM untuk mendukung pengembangan bisnis taxi mereka (silahkan baca di link nya). Nah loh, perusahaan Go Public aja jalanin MLM loh hehehe, artinya MLM bukan tipu-tipuan, tapi ada perusahaan penipu yang ngaku-ngaku perusahaan MLM. Masih ragu? Butuh konsultasi untuk memilih bisnis MLM yang ditawarkan kepada rekan-rekan? Jangan segan-segan untuk berkonsultasi dengan komunitas TGF.

Salam sukses!

0 komentar