Panduan Memilih Bisnis MLM

Diposkan oleh Unknown | 2:24 AM | , , , | 0 komentar »

Ok, tulisan kali ini dibuat sebagai kelanjutan dari tulisan saya kemarin (Bisnis yang Bersinar di Masa Resesi). Dan sesuai janji akan saya coba berikan tips bagaimana memilih MLM yang tepat, tapi ingat tidak ada perusahaan yang sempurna setidaknya kita cari yang mampu bertahan lama dan memberikan kompensasi yang setimpal dan berkesinambungan (itu kata kuncinya, berkesinambungan, agar bisa mencapai kebebasan finansial).

Menurut guru saya, seorang praktisi MLM yang sudah mendunia, dalam memilih suatu MLM sebagai bisnis kita pribadi, harus melihat 4 pilar utamanya. Apa saja 4 pilar utama itu? Pilar Pertama adalah PERUSAHAANNYA, kita periksa apakah perusahaannya bonafide? Kelasnya lokal atau global? Guru saya selalu menyarankan pilihlah perusahaan global, namun bukan berarti perusahaan MLM Indonesia jangan dipilih, ada kok perusahaan MLM asal Indonesia yang sudah go internasional. Kenapa harus perusahaan global, karena lebih aman. Kita gak mau dong sudah berjuang membangun jaringan kita selama bertahun-tahun dengan cucuran keringat dan airmata, tiba-tiba perusahaannya tutup? Sebagai leader di jaringan, kita juga punya tanggung jawab terhadap downline agar mereka bisa berhasil loh. Bayangkan bila mereka sedang semangat-semangatnya dalam menjalankan bisnis, eh tau-tau perusahaannya tutup? Jadi jelas kita sangat perlu mempelajari perusahaannya.

Pilar Kedua adalah PRODUKNYA, namanya juga MLM atau perusahaan pemasaran berjenjang (bahasa Indonesia kerennya hehehe), yah jelas harus ada produk untuk kita pasarkan dong. Guru saya mengajarkan agar kita memilih produk yang unik, punya keistimewaan yang tidak dimiliki MLM lain (eksklusif), dan memiliki masa pakai singkat (untuk repeat order, hey MLM yang baik adalah yang repeat ordernya cepat supaya kita mendapat bonus yang kontinyu) tetapi tidak cepat kadaluarsa. Jadi jelas jangan kita pilih MLM yang produknya memiliki kompetitor, baik yang dipasarkan secara network marketing ataupun secara konvensional (toko retail). Apa contohnya? Gak etislah masa saya sebutkan disini hehehe, japri aja bro and sis hehehe.

Pilar yang Ketiga adalah MARKETING PLAN alias bonusnya. Jelas kita harus mencari perusahaan MLM yang memberikan kompensasi bonus yang menarik (bonusnya besar maksudnya kalo yang gak paham :p), yang berkesinambungan (maksudnya bonus semakin banyak level downline yang kita miliki justru makin besar bonus kita, bukannya malah semakin kecil, yang waktu pembayaran bonusnya cepat dan otomatis (jadi perhitungan bonus dan pemberian bonus harus otomatis jangan yang manual, malu dong masa bonus kita yang milyaran itu admin perusahaannya bisa tau, bisa2 setiap bonus dibagiin kita dipalakin buat makan-makan, kan bangkrut juga lama-lama hehehe).

Pilar Terakhir adalah SUPPORT SYSTEM. Ok, mungkin ada yang bingung mahkluk jenis apapula support system ini. Gini gampangnya, support system adalah suatu sistem yang dibuat oleh leader-leader yang sudah berhasil dalam menjalankan MLM sehingga downline-downline yang bergabung di dalam pemasaran jaringan ini dapat tinggal menjalankannya sehingga tingkat keberhasilan dalam bisnis semakin besar, atau dengan kata lain adalah SOP nya. Tujuan support system ini adalah agar proses duplikasi dari upline ke downline dapat berjalan dengan lancar sehingga bisnis pemasaran jaringan bisa berjalan dengan otomatis sehingga impian kita untuk meraih kebebasan finansial dan kebebasan waktu dapat tercapai.

Dari ke empat pilar ini, yang mutlak harus kita perhatikan adalah pilar pertama dan pilar kedua, sangat fatal bagi kita dan jaringan kita bila kita salah memilih dari dua pilar ini. Loh, pilar ketiga dan keempat bagaimana? Ok, anggaplah bonus yang kita dapat tidak seperti impian kita, tapi sekecil-kecilnya bonus di bisnis MLM, percaya deh masih jauh lebih besar daripada penghasilan sebagai karyawan atau self employed. Sedangkan bila pilar ke empat belum ada, oh gak pa pa, artinya kita bisa berkembang dan membuat support system sendiri loh, dan pssstttt, ada income tambahan loh dari support system diluar bonus yang kita terima dari marketing plan hehehe, mau tau? Japri aja bro dan sis hehehe.

Ok, dari paparan saya di atas tadi, saya rasa sudah cukup membantu bagi rekan-rekan yang ingin berbisnis MLM, jika ingin berkonsultasi atau malah ingin direferensikan MLM apa yang menurut saya (artinya subyektif loh yah) terbaik, boleh japri saya dengan mendaftarkan email rekan-rekan pada form dibawah ini atau yang ada pada bagian sidebar


0 komentar